Meningkatkan Kemampuan Pemasaran Bersama NF Computer Di Program Kampus Merdeka
Halo halo hai, pada bulan Agustus 2022 lalu, salah satu program yang diluncurkan oleh Kemendikbud yaitu Kampus Merdeka batch 3 yang terdiri dari berbagai program, salah satunya Studi Independen.
Tujuan diadakan program tersebut yaitu untuk melatih kemampuan dan memberikan pengalaman terjun ke industri bagi mahasiswa. Sebelum mengikuti kegiatan Studi Independen, setiap mahasiswa diwajibkan melakukan serangkaian proses seleksi sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh masing-masing mitra.
Pada kegiatan ini kami diterima atau lolos pada Studi Independen Bersertifikat (SIB) di salah satu mitra kampus merdeka yaitu PT Nurul Fikri Cipta Inovasi (PT NCI). PT NCI atau biasa kita kenal dengan NF Computer merupakan perusahaan yang berfokus pada kursus komputer yang berlokasi di kota Depok. Dengan misi utamanya adalah Membangun, memelihara dan mengembangkan institusi pelatihan bisnis berdaya saing tinggi, berkarakter profesional, kompeten, mengedepankan integritas dan tanggung jawab sosial, dengan mengembangkan dan menyediakan produk produk pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi prima.
NF Computer sendiri mengusung 3 kursus studi independen yaitu Akademi Digital Marketing, Akademi Fullstack dan Akademi Mobile Application dimana saya sendiri mengambil Akademi Digital Marketing. Terdapat kegiatan yang kami jalankan selama studi independen, salah satunya adalah kegiatan studi yang di bimbing oleh para mentor yang ahli dalam bidangnya.
Dalam pembelajaran Digital Marketing ini, membuat para mahasiswa mempelajari hal-hal seputar CRM, SEO, SEM, Sosial Media Marketing, Content Marketing, Marketplace dan Riset Pasar.
Puncak dari pembelajaran ini adalah Final Project. Pada pengerjaan final project mahasiswa menerapkan ilmu marketing yang telah dipelajari sebelumnya, seperti materi yang telah disampaikan diatas.
Pada final project kami mulai merencanakan pemasaran dan persiapan produk makanan cemilan yang akan dijual bersama kelompok kami. Dengan berbagai produk-produk yang sudah dipersiapkan sebelumnya, seperti makanan kering dan makanan basah, kami pun memulai memasarkan produk secara digital mulai dari Facebook, instagram, website, tiktok dan lain sebagainya. Produk-produk tersebut dimiliki oleh salah satu teman kami dari Universitas Islam Balitar.
Pemasaran produk yang kelompok kami jual dinilai berhasil memiliki omset dalam waktu kurang dari 3 pekan saja. Hal ini memang cukup berhasil dalam waktu sesingkat itu. Semua itu akan dibuat laporan dan di uji oleh para penguji NF Computer selaku mitra dari MSIB batch 3 ini.
Komentar
Posting Komentar